Rabu, 25 Januari 2017

Tentang JASTRO

Jember Astronomy Club adalah Komunitas Astronomi Amatir yang berada di wilayah Jember (digagas tahun 2014), Jawa Timur , Indonesia. Jember Astronomy Club atau terkenal dengan nama JASTRO berdiri atas persatuan perkumpulan masyarakat pecinta Ilmu Astronomi dan Geofisika seluruh wilayah Kabupaten Jember. Telah berdiri 8 tahun ini, Jastro merintis sebuah Komunitas yang mengayomi dan memberi pengabdian kepada masyarakat Jember khususnya dan Indonesia umumnya dalam bidang Ilmu pengetahuan (Astronomi)

Ilmu-ilmu pengetahuan yang dipersembahkan Komunitas ''Jastro'' diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat luas. Dan diharapkan Komunitas ini akan menjadi kiblat organisasi lainnya di Jember yang tumbuh dengan memberi manfaat dan tujuan yang nyata bagi Negeri Ibu Pertiwi.

=[ SEJARAH ]=

Sebelum Jember Astronomy Club (JASTRO) terbentuk, terdapat banyak kelompok kecil astronomi di Kota Jember seperti di sekolah-sekolah, dan universitas-universitas, termasuk organisasi Astro Club HIMAFI Neutron dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) jurusan FISIKA Universitas Jember. Tahun 2014, mulailah digagas sebuah Komunitas Astronomi yang mencangkup seluruh wilayah Kabupaten Jember oleh mahasiswa FKIP FISIKA Universitas Jember, Hairlinda Arini Agustin, yang dibantu oleh Zaka Ardiyansah bersama komunitas astronomi Kota Surabaya (Surabaya Astronomy Club) yang telah dahulu berdiri.

Sesuai kesepakatan bersama, dirintislah organisasi bernama Jember Astronomy Club dengan nama singkat ''JASTRO''. Setelah membentuk kepengurusan awal guna mempersiapkan organisasi baru selama setahun, ''JASTRO'' resmi terbentuk pada tanggal 15 Mei 2015. Jember Astronomy Club dipimpin oleh Ketua Umum dan bersistem Organisasi Lini. Struktural keorganisasian Jember Astronomi Club dibagi menjadi beberapa jabatan sesuai dengan formasi yang dipilih seiring dari hak prerogatif ketua. Beberapa jabatan yang pernah terbentuk yakni formasi wakil ketua, sekretaris, bendahara, fundrainsing, ketua divisi. Kelembagaan Divisi yang pernah dibentuk yakni Divisi Keilmuan, Divisi Infokom, Divisi Humas, Divisi Event.

Keorganisasian JASTRO bersistem Organisasi Lini ini efektif hingga di tahun 2020. Efek Pandemi COVID 19 mengakibatkan laju organisasi sempat terhambat. Tahun 2022 diputuskan bahwa keorganisasian JASTRO dirubah menjadi sistem Organisasi Lini Fungsional yang dipimpin oleh Jabatan Manajerial dengan kepengurusan JASTRO sesuai fungsional-fungsional tertentu disesuaikan dengan kapasitas pengurus yang ada.

=[ VISI ]=

“Bringing Astronomy To The People”
Mengawal Ilmu Astronomi pada masyarakat luas sebagai Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar