Rabu, 25 Januari 2017

Kegiatan Bulanan & Tahunan JASTRO


Berikut ini adalah kegiatan Jember Astronomy Club meliputi Kegiatan Bulanan dan Kegiatan Tahunan :

1.         Jastro Sky Observation Time ( JETI / YETI ), yaitu pengamatan langit pada waktu malam hari maupun di siang hari. Kegiatan ini berguna untuk mengamati fenomena astronomi sesuai dengan jadwal dan kalender astronomi.

( Observasi Gerhana Matahari 2016 di Universitas Jember )

2.         Jastro Goes To School (JGS), yaitu kegiatan pengajaran dan sharing Jember Astronomy Club kepada sekolah-sekolah demi tujuan pengabdian dan pelayanan masyarakat di bidang ilmu pengetahuan (Astronomi). Selain sekolah, JASTRO juga datang menghadiri seminar, pertemuan sebagai pemateri Astronomi.

Kak Bayu dalam kegiatan JGS 2017 di SMA NURIS Jember)

 Kak Vidia dan Venus, JGS tahun 2019 di SMAN 3 Jember)

3.   InOMN, adalah acara pengamatan bulan bersama yang diadakan setahun sekali secara serentak di seluruh dunia termasuk di Kota Jember.
International Observe The Moon Night ( InOMN )

4.   Jastro Walker Indonesia, adalah kegiatan sharing ilmu pengetahuan langsung kepada masyarakat luas sebagai pengabdian Negeri.
5.   Astronomy Coloring Competition, yaitu kegiatan/event Jastro guna meningkatkan mutu siswa-siswi sekolah dengan mengadakan kompetisi mewarnai dan menggambar di tingkat daerah. 
6.    Temu Astronom Amatir (TAA), adalah kegiatan pertemuan antar sesama Organisasi / Komunitas Astronomi baik dalam daerah sesama Regional atau diluar Regional (Indonesia) guna mempererat silaturahmi saudara sebangsa Indonesia.
(JASTRO dalam TAA 2022 di Jember bersama CASTA Tulungagung dan HAAS Semarang)

7.   Astronomy Smart Competition (ASC), adalah kegiatan perlombaan ilmu Astronomi/Olimpiade Astronomi Nasional untuk Pelajar, Alumni Olimpiade, Astronom Amatir. Kegiatan ini sukses dan terlaksana ASC I 2018 dan ASC II 2020.

(Astronomy Smart Competition ASC I 2018 JASTRO Logo)

Astronomy Smart Competition ASC II 2020 JASTRO Logo )

8   Jember Pandang Purnama (JPP), adalah kegiatan pengamatan bulan purnama yang dilakukan secara gratis di masyarakat guna menyebarluaskan informasi seputar astronomi dan bulan.



( Kak Kresna dalam pengamatan Blue Blood Moon 2018 di Alun-alun Jember)


9.   Belajar Bareng Jastro (BBJ), adalah kegiatan sharing ilmu Astronomi dengan pemateri yang handal untuk mengupgrading ilmu anggota dan masyarakat secara umum.

(Belajar Bareng Jastro di SMA NURIS Jember 2019)

10. Diskusi Online ( DO ) JASTRO, adalah kegiatan sharing ilmu Astronomi dengan pemateri yang handal dan dikemas seperti Belajar Bareng Jastro secara daring/online dengan sasaran agar seluruh peserta secara berjauhan dapat berbagi ilmu.

( Diskusi Online JASTRO 2020 via WhatsApp )

11.  One Day Class (ODC ) JASTRO, adalah kegiatan sharing ilmu Astronomi kepada siswa/i yang akan menempuh Olimpiade Sains Astronomi (KSN-K). Kegiatan ini bertujuan dalam rangak visi/misi JASTRO yang memfasilitasi siswa/i SMA yang membutuhkan bimbingan keastronomian dalam berkompetisi nantinya. Dilaksanakan hanya dalam sehari, ODC menjadi program belajar kilat astronomi pertama yang diselenggarakan oleh Komunitas Astronomi dan dibuka di tahun 2022. 
( One Day Class pertama di SMAN 3 Jember dihadiri Kak Hair-OSK 2010 dan Kak Venus-OSK 2015 )

 

 

0 komentar:

Posting Komentar